Sabtu, 21 Desember 2013

0 Modifikasi-Terminal


Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Install Fortune Cowsay


           sudo apt-get install fortune cowsay


Cowsay atau cowthink adalah bentuk aplikasi yang akan mengubah teks biasa menjadi bentuk balon dialog dengan pelaku hewan sapi lucu berbentuk ASCII pada jendela promp.

2. Install Figlet

          sudo apt-get install figlet

adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membentuk suatu karakter khusus dan unik pada console atau jendela promp.

3. Modifikasi terminal

          sudo gedit /etc/bash.bashrc

akan terbuka aplikasi gedit teks editor, tambahkan pada akhir baris tulisan di bawah ini:

cowsay -f cheese “Selamat Datang”
echo
#Figlet Nama
figlet -f fikar “ Tns ”

4. Modifikasi Cowsay dan Figlet

Pada modifikasi awal, kalian akan melihat spongebob dalam bentuk ASCII dengan tulisan seperti dalam font warna biru di atas. Ingin mengganti dnegan bentuk modifikasi yang lain :

Tulisan berwarna biru di atas bisa langsung kalian ganti sesuka hati.

Sapi bisa diganti menjadi bentuk lain dengan melihat pada Places > Home Folder > File System > usr > share > cowsays > cows. Di sini anda akan melihat banyak file*.cow. Perhatikan nama filenya ! Kata cheese pada #Modification Terminal bisa kalian ganti dengan file-file lain yang berekstensi *.cow di sini.
Untuk memodifikasi bentuk tulisan figlet, buka Places > Home Folder > File System > usr > share > figlet. Kalau di sini kalian akan banyak melihat file berekstensi *.flf. Perhatikan nama filenya !!! Kata smslant pada #Figlet Nama bisa kalian ganti dengan file-file berekstensi *.flf di sini, dan kemudian lihat perbedaannya.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?